Cara untuk membuat jerat gradien. Bagian 1
Jerat gradien dapat diperoleh dengan dua cara:a) mengubah mesh ke obyek yang sudah ada;
b) menciptakan mesh gradien dari bentuk yang diinginkan, berdasarkan angka geometris sederhana, yang dikonversi menjadi mesh dengan jumlah yang benar sel. Karena sel-sel selalu memiliki bentuk persegi panjang, cara termudah adalah dengan menggunakan persegi panjang.
Pertama, mari kita lihat pada pilihan pertama. Untuk melakukan hal ini, cobalah untuk mengubah tangan kanan Pramugari ke mesh gradien. Ambil Mesh Fill Tool (M). Terletak di Property bar jumlah baris dan kolom sama dengan 4 dan menggunakan klik kursor pada kontur tangan.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/02.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/03.jpg)
Hasil konversi otomatis tidak menginspirasi banyak optimisme ...
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/04.jpg)
By the way, jika Anda memutar benda asimetris dengan pointer, pusat rotasi objek akan bergeser seiring dengan pusat koordinat objek. Ini mengarah pada fakta bahwa dengan rotasi berikutnya ke posisi awal objek tidak akan kembali ke tempat asalnya. Untuk menghindari hal ini, mengatur transformasi pusat sebelum menghidupkan objek. Untuk melakukan hal ini, baik klik dua kali untuk memilih salah satu objek dan memindahkan pusat rotasi ke posisi baru (yang kemudian disimpan untuk bergantian berikutnya), atau menggunakan buruh pelabuhan Transformation (Alt + F8). Dalam hal ini, pilih objek, matikan opsi Relative Center, kemudian mengatur sudut rotasi dan klik tombol Apply. Akibatnya, pusat rotasi objek juga tetap pada satu posisi.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/05.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/06.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/07.jpg)
Pada tahap selanjutnya, masuk akal untuk menyederhanakan mesh dengan menghapus poin yang tidak perlu. Ini biasanya termasuk node tambahan, yang berbeda dengan node primer tidak membentuk garis persimpangan, dan biasanya tidak sangat penting - mereka tidak bisa diisi dengan warna dan mendapatkan di jalan ketika mengedit geometri mesh. Sebagai pengecualian, node tambahan yang terletak di garis eksternal mesh. Mereka mendefinisikan bentuk objek dan karena itu penghapusan mereka tidak selalu dianjurkan. Node terletak di garis luar sel sudut membentuk bagian integral mereka (karena setiap sel harus berisi 4 sudut) dan karena itu tidak dapat dihapus.Mereka juga dapat diwarnai.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/08.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/09.jpg)
Semua persimpangan diciptakan oleh program ini adalah sudut. Untuk kenyamanan, biasanya Anda segera dapat mengkonversi mereka menjadi halus. Hal ini dilakukan dengan cara yang biasa untuk kurva Bezier.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/10.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/11.jpg)
Bekerja dengan warna
Sementara mengakrabkan dengan metode menerapkan warna pada jerat gradien, saya tidak menemukan apapun keanehan. Warna dapat diterapkan untuk node tunggal maupun ke seluruh sel. Contoh warna dapat diambil baik dengan bantuan pipet (dalam modus Color Sample) dari gambar asli (jika ada) atau dari palet kustom preset, atau mendapatkan itu dengan mencampur komponen dalam buruh pelabuhan Color. Warna tugas untuk item yang dipilih dilakukan dalam umum untuk semua metode objek lainnya. Prosedur tergantung pada kompleksitas mesh.Jika jumlah sel di dalamnya relatif kecil, Anda dapat membangun mesh sepenuhnya dan kemudian lanjutkan ke pewarnaan nya. Jika ada banyak transisi warna, jauh lebih mudah untuk menguraikan bentuk umum dari mesh pertama dan kemudian menetapkan warna untuk node kunci, dan kemudian cat node dan sel-sel lain dalam proses menambahkan mereka. Aturan umum adalah, sederhana grid, semakin baik. Hal ini tidak perlu untuk membuat node tambahan di mana pengaturan garis kelengkungan menggunakan kontrol dari node yang sudah ada akan dilakukan. Selama proses editing memastikan bahwa baris tidak tumpang tindih dan tidak ada Kinks tajam.![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/12.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/13.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/14.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/15.jpg)
Cara untuk membuat jerat gradien. Part 2
Sekarang mari kita lihat contoh yang lebih rumit bangunan mesh. Untuk melakukan hal ini, mari kita coba untuk mengubah mesh objek yang cukup kompleks seperti bibir Flight Attendant. Mesh diperoleh melalui konversi otomatis, terlihat nyaman untuk pengeditan lebih lanjut. Memutar obyek dalam hal ini tidak memberikan efek yang diinginkan.![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/16.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/17.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/18.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/19.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/20.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/21.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/22.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/23.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/24.jpg)
Sebagai hasil dari smoothing otomatis kita mendapatkan hanya struktur seperti itu.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/25.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/26.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/27.jpg)
Menggabungkan jerat gradien
Untuk semua yang jerat fleksibilitas gradien memiliki sejumlah keterbatasan. Misalnya ukuran maksimum mesh adalah sel 50x50. Jangkar node kunci, sebagai lawan simpul dalam program pemodelan tiga dimensi, dapat menghubungkan jumlah tetap baris - baik 3 (untuk node berbaring di tepi eksternal mesh) atau 4 (untuk sisanya). Nodes tidak dapat sewenang-wenang dibagi, digabungkan, dll Namun, saat membuat ilustrasi realistis kadang-kadang perlu untuk merancang permukaan kompleks dengan tingkat variabel detail. Seperti wajah manusia, di mana ada daerah yang relatif datar (pipi dan dahi) terletak di sebelah lega (soket mata, kelopak mata, hidung, telinga). Jerat Gradient cocok untuk tugas-tugas seperti dalam cara terbaik mungkin. Hanya tidak di mana-mana penggunaannya sama nyaman. Secara teknis, tidak ada yang mencegah perpecahan dari daerah manapun pada setiap jumlah sel.Tapi masalahnya terletak pada kenyataan bahwa ada banyak ditambah jalur baru, yang karena linearitas keseluruhan struktur tersebar di seluruh seluruh wilayah (termasuk, bahkan di mana mereka adalah yang paling dibutuhkan). Hal ini akhirnya mengarah pada kompleksitas berlebihan grid dan membuatnya buruk dikelola. Tujuan untuk menggambarkan wajah dengan menggunakan gradien tunggal jala sendiri terlihat menarik, tetapi tidak selalu bekerja. Dalam karya ini saya telah mencoba metode lain, yang bisa disebut "pemodelan dengan fragmen. Sebaliknya, misalnya, untuk 3ds max di sini tidak dapat digabungkan menjadi satu unit, namun tugas langsung mereka menciptakan daerah jala dengan struktur yang berbeda, sangat baik dilakukan. Ketika bekerja pada sebuah potret, saya memutuskan untuk membagi kepala pramugari menjadi 6 bagian, masing-masing harus berisi hanya jumlah yang diperlukan sel jika memungkinkan. Saya tidak akan mengatakan bahwa segala sesuatu adalah persis seperti yang diharapkan, tapi hasil keseluruhan percobaan ditemukan memuaskan.
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/29.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/30.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/31.jpg)
![](http://vectorboom.com/TUTORIALS/pin_up/32.jpg)
ntap
BalasHapus